Resep Es Segar Untuk Berbuka

Resep Es Segar Untuk Berbuka - Asyik bulan puasa sudah dekat.. mmmm... nggak lama lagi pada sibuk nyiapin menu berbuka puasa.. Nah untuk itu saya akan membagikan Resep Buka Puasa Simpel untuk Anda. Menu buka puasa nggak harus ribet yang simple aja dan rasanya juga mantap.

Dengan bahan yang mudah di dapat dan cara membuat yang tidak terlalu sulit, kami yakin anda akan sukses membuatnya dalam satu kali coba.

Baca juga:


Resep Es segar Untuk Berbuka 1

  • Resep Es Blewah

Resep Es Blewah

Resep Es Blewah

Blewah bisa dibilang salah satu buah yang menjadi ciri khas bulan Ramadhan. Bersamaan dengan tibanya bulan puasa, maka pedagang buah blewah pun mulai muncul di pasar, bahkan di sepanjang jalan yang kira-kira ramai dilewati orang pulang kantor.

Aroma harum buah blewah yang diserut memang bisa menggugah selera saat berbuka puasa. Sayangnya rasa dari buah blewah tidak semenarik aromanya, hampir tidak ada rasa. Untuk itu saat membuat resep es blewah, sebaiknya menambahkan gula pasir dan sirup cocopandan atau sirup lain yang sesuai dengan selera anda ke dalam resep untuk memberikan rasa manis.

Selain memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, buah blewah kaya akan vitamin A, C, tidak mengandung kolesterol sama sekali. Selain itu, blewah juga kaya akan mineral seperti kalium an asam folat. Ketika berpuasa tubuh banyak membutuhkan asupan vitamin, sehingga mengonsumsi blewah sebagai hidangan pembuka puasa akan banyak memberikan manfaat bagi tubuh anda.

Bahan-bahan:
  • 250 gr blewah, kerok memanjang
  • 250 gr sari kelapa
  • 100 gr kolang-kaling, iris tipis
  • 100 gr gula pasir
  • 100 ml air
  • 500 gr es serut
  • 10 sdm sirup cocopandan

Cara membuat
  1. Siapkan gelas saji, tata blewah, sari kelapa, kolang kaling.
  2. Tutup dengan es serut dan sirup merah. Sajikan segera

Menyiapkan es blewah sangatlah praktis, karena anda tidak perlu memasaknya. Resep es blewah ini sangat cocok bagi anda yang tidak ingin repot menjelang waktu berbuka puasa. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menyiapkan hidangan pembuka yang spesial bagi keluarga anda.



Resep Es segar Untuk Berbuka 2

  • Resep Es Kelapa Muda

Resep Es Kelapa Muda

Resep Es Kelapa Muda

Segarnya es kelapa di siang hari tentu tidak bisa anda nikmati di bulan puasa. Menghidangkannya di pada saat berbuka tentu akan sangat nikmat. Segelas es kelapa muda dengan kuah gula merah yang legit bisa menjadi minuman yang sangat menyegarkan bagi anda.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Untuk memilih kelapa yang masih muda, dapat dilihat dari bagian tangkainya. Pilihlah tangkai yang masih terlihat segar dan lentur. Tangkai yang sudah layu menandakan kelapa tersebut sudah dipetik cukup lama atau bisa jadi sudah agak tua.
Cara kedua dengan menepuk-nepuk pada bagian sabut. Kelapa yang masih segar dan muda akan menghasilkan suara yang berat. Hal ini disebabkan isi air kelapa yang masih banyak. Sedangkan kelapa yang sudah agak tua akan menghasilkan bunyi yang lebih nyaring.


Bahan-bahan:
  • 200 gr kelapa muda, serut memanjang
  • 100 gr rumput laut
  • 400 ml air kelapa muda
  • 500 gr es serut
  • 100 gr gula merah, serut, larutkan dengan air hangat

Cara membuat
  1. Siapkan 5 buah gelas saji, susun kelapa muda, rumput laut dalam gelas. Beri air kelapa muda, es serut dan larutan gula merah.
  2. Sajikan segera.

Agar es kelapa muda yang anda buat lebih meriah, anda bisa menambahkan bahan pelengkap yang anda sukai. Misal; rumput laut, manisan kolang-kaling yang diiris tipis, biji selasih, cincau hitam, dan lain-lain. Jika akan langsung disajikan, anda bisa menggunakan es serut, sehingga tampilan es kelapa anda lebih bagus. Namun jika tidak langsung dihidangkan penggunaan ice-cube akan lebih praktis.


Itulah tadi Resep Es segar Untuk Berbuka yang bisa Anda coba di rumah untuk disajikan kepada keluarga tercinta. Semoga resep diatas dapat bermanfaat.