Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan

Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan - Penyakit yang disebabkan akibat mengkonsumsi makanan yang tercemar oleh beberapa zat berbahaya atau kadaluarsa. Zat berbahaya tersebut antara lain seperti patogen bakteri, virus, atau parasit yang mencemari makanan, dan juga kimia atau racun alami seperti jamur. Secara umum keracunan makanan dapat disebabkan oleh banyak hal antara lain mengonsumsi makanan yang telah kadaluarsa, makanan mentah, makanan yang mengandung jamur dan lain-lain.
Baca juga:

Gejala keracunan

Pada dasarnya gejala-gejala keracunan makanan merupakan efek dari keracunan makanan itu sendiri. Dampak keracunan bisa dirasakan secara langsung oleh tubuh, atau terakumulasi dalam tubuh. Gejala atau tanda-tanda keracunan makanan diantaranya yaitu sakit perut, diare, kram di perut, mual dan muntah, sakit kepala, terasa pusing di sertai demam dan dehidrasi, ciri-ciri keracunan makanan ini berkisar antara ringan hingga parah.

Dampak secara langsung akibat keracunan dapat di rasakan langsung oleh tubuh dan terjadi begitu cepat, dan hal ini membutuhkan penanganan yang cepat pula. Sedangkan dampak yang terakumulasi biasanya baru bisa dirasakan setelah beberapa waktu tergantung seberapa berat kadar zat racunnya.

Untuk lebuh jelasnya berikut ulasan Cara Pos tentang Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan.
Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan
Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan
  • Minum Air Putih

Cara yang pertama adalah dengan minum air putih, dengan minum air putih dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh serta dapat mengurangi rasa mual. Penderita keracunan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih segera, karena air putih dapat meringankan kondisi akibat keracunan serta dapat memberikan tenaga bagi tubuh.

  • Madu

Madu mempunyai banyak manfaat dan kandunagan zat penting bagi tubuh salah satunya adalah sifat anti bakteri dan anti jamur. Madu mempunyai sifat anti bakteri dan juga anti jamur yang sangat efektif untuk pengobatan keracunan makanan. Dengan satu sendok makan madu murni sebanyak tiga kali sehari dapat mengobati sakit perut yang disebabkan keracunan makanan ataupun ganngguan pencernaan.

  • Jahe

Seperti halnya madu, Jahe mempunyai banyak kandungan zat penting dan sangat efektif untuk menyembuhkan beberapa penyakit termasuk masalah pencernaan khususnya keracunan makanan. Rebus setengah sampai 1 sendok makan jahe yang telah diparut bersama satu gelas air dan tambahkan sedikit gula atau madu. Minumlah hasil rebusan air jahe setelah makan siang atau makan malam untuk menghentikan mual dan gejala keracunan makanan lainnya.

  • Oralit

Jika penderita keracunan timbul efek diare maka bisa anda berikan Oralit. Oralit berfungsi menggantikan glukosa, garam, dan mineral penting lain yang hilang akibat muntah dan diare. Untuk beberapa saat, ada baiknya Anda menghindari makanan biasa hingga merasa lebih baik. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mudah dicerna seperti bubur.

  • Air Kelapa Hijau

Air kelapa selain mengandung berbagai ion yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, juga memiliki kemampuan untuk menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Air kelapa ini juga umum di gunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti: panas dalam, demam, kekurangan cairan, dan lain-lain.

  • Jeruk Lemon

Jeruk lemon mengandung zat asam yang efektif untuk membunuh bakteri jahat di dalam perut anda. Kandungan zat asam ini bisa membantu menyembuhkan keracunan terutama pada kasus keracunan makanan yang ada bakterinya. Campurkan perasan jeruk lemon tersebut dalam minuman anda dan minum secukupnya.

  • Teh Hitam

Teh hitam mempunyai kandungan asam tannic yang sangat efektif untuk mengatasi keracunan makanan. Minumlah teh hitam hangat saat perut anda merasa sakit karena akibat dari keracunan makanan.

  • Konsumsi Buah

Beberapa jenis buah bisa anda gunakan untuk membantu mengatasi keracunan makanan, terutama buah yang mempunyai kandungan enzim seperti pada buah apel dan pisang.  Kandungan emzim pada buah pisang dan apel dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab terjadinya keracunan makanan. Buah apel dan pisang juga dapat membantu mengurangi sakit perut dan pemulihan karena diare.


Itu beberapa Cara Cepat Mengatasi Keracunan Makanan, bila anda sudah melakukan cara-cara di atas tapi gejala keracunan tidak kunjung membaik maka segeralah pergi ke klinik atau ke dokter. Hal ini untuk mendeteksi gejala penyakit lain dan penanganan lebih lanjut secara medis. Semoga bermanfaat.