Cara Cepat Menyembuhkan Kram

Cara Cepat Menyembuhkan Kram - Kram adalah gangguan kesehatan yang sering dialami mereka yang aktif berolahraga. Wujudnya dapat berupa keseleo atau cedera pada salah satu dari tiga sendi di jari. Masalah ini biasanya terjadi karena efek cedera.

Tak hanya jari tangan, jari kaki juga bisa mengalami kram. Beberapa gejala kram jari diantaranya rasa sakit, kekakuan, jari tak bisa digerakkan, pembengkakan, peradangan dan nyeri. Jangan remehkan gejala masalah kram. Jika tidak diobati tepat waktu, cedera bisa sangat menyakitkan dan menyebabkan penyakit kronis.

Cedera atau kram sebenarnya dapat disembuhkan dengan pengobatan rumahan. Cara ini mungkin memakan waktu beberapa minggu agar jari sembuh sepenuhnya. Jenis penyembuhan cedera jari relatif cepat, jika tidak ada fraktur yang terjadi. Jika ada patah tulang, nyeri akan menjadi tak tertahankan dan proses penyembuhan akan memakan waktu lebih lama.

Oleh karena itu, dianjurkan dilakukan rontgen sinar-X untuk menyingkirkan risiko fraktur jari. Selain itu, jika gejalanya tak segera membaik atau justru makin parah, periksakan ke dokter.
8 Cara Menyembuhkan Kram Secara Alami dan Mudah
Cara Cepat Menyembuhkan Kram
Baca juga:

Berikut  ini Cara Cepat Menyembuhkan Kram:

  • Kompres es

Segera setelah Anda mengalami cedera atau kram, lakukan kompres es sesegera mungkin. Es mengurangi respon inflamasi tubuh dan membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan hingga batas tertentu.

  • Diamkan area yang mengalami kram
Jauhkan jari yang terkena splint atau jangan bergerak sampai rasa sakit benar-benar hilang. Tindakan ini akan menjaga jari tetap lurus dan mencegah gerakan sementara proses penyembuhan sedang berlangsung.

  • Tinggikan jari di atas permukaan dada
Ketika jari kaki mengalami cedera atau kram, jari yang terkena ditinggikan di atas permukaan dada. Hal ini akan meningkatkan aliran balik vena darah ke sirkulasi sistemik, yang pada gilirannya mengurangi rasa ketidaknyamanan seperti pembengkakan, peradangan dan nyeri.

  • Mengistirahatkan jari
Untuk memastikan penyembuhan cepat, Anda perlu untuk memungkinkan jari yang terluka beristirahat. Istirahat yang tepat adalah komponen kunci untuk memperbaiki kerusakan jaringan lunak.

Regangan terus-menerus akan menyebabkan peningkatan peradangan, nyeri dan kemungkinan cedera lebih lanjut. Plus, tanpa istirahat, waktu penyembuhan akan secara bertahap meningkat.

  • Garam
Garam terdiri dari magnesium dan sulfat yang bekerja sama untuk mengurangi peradangan dan nyeri. Hal ini bahkan efektif dalam mengurangi pembengkakan, salah satu ketidaknyamanan terbesar yang terkait dengan cedera jari.

  • Kunyit
Kunyit adalah agen anti-inflamasi kuat yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Plus, senyawa yang dikenal sebagai kurkumin dalam kunyit membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh Anda. Sirkulasi darah yang tepat penting untuk proses penyembuhan.

  • Minyak zaitun
Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit di cedera jari. Minyak zaitun mengandung senyawa yang membantu mencegah enzim pro-inflamasi, sehingga mengurangi peradangan dan nyeri. Hal ini juga membuat kulit lebih lembab sehingga mempercepat penyembuhan.

  • Jahe
Jahe merupakan salah satu yang terbaik yang digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit alami untuk mengurangi ketidaknyamanan berhubungan dengan cedera jari. Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan penghilang rasa sakit.

Itulah Cara Cepat Menyembuhkan Kram. Anda bisa mencoba cara diatas. Semoga bermanfaat.