Cara Agar Mulut tetap Segar Selama Bulan Puasa


Cara Agar Mulut tetap Segar Selama Bulan Puasa - Di bulan ramadhan, saatnya umat muslim berpuasa sebulan penuh. Saat itulah, banyak orang yang harus selalu menjaga agar bau mulut bisa tetap baik baunya. Saat berpuasa memang kebanyakan orang tidak menyadari bahwa bau mulut mereka terasa tidak nyaman, dan tentunya akan mengganggu orang di sekitar kita.

Walaupun berpuasa, ada banyak cara yang bisa sahabat lakukan agar mulut dan bau mulut tetap segar terhindar dari bakteri jahat. Oleh karena itu anda sebaiknya menjaga mulut anda agar tetap wangi dengan cara di bawah ini.

Baca juga: 
Cara Agar Mulut tetap Segar Selama Bulan Puasa
Cara Agar Mulut tetap Segar Selama Bulan Puasa

Berikut ada beberapa Cara Agar Mulut tetap Segar Selama Bulan Puasa meskipun sedang berpuasa selain dengan menggosok gigi.

Cara Mudah Mengatasi Bau Mulut Selama Bulan Puasa


  • Perbanyak Minum dan Olah Raga Ringan


Ternyata air juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut. Pada saat Anda berpuasa hendaklah memperbanyak air putih minimal 8 gelas sehari dapat meminimalisir bau mulut yang dapat ditimbulkan saat puasa. Minumlah secara bertahap jangan secara sekaligus.

Jika cairan dalam tubuh tercukupi dapat membantu menjaga kesehatan dalam mulut dan menjadikan nafas segar. Selain itu, lakukanlah olah raga ringan pada saat bulan puasa. Olah raga juga dapat menghilangkan zat penyebab nafas tak segar. Usahakan untuk melakukan olah raga ringan setelah ataupun sebelum Anda berbuka puasa.


  • Konsumsi Teh  Hijau dan Kurang Konsumsi Makanan Manis


Selain dengan mengkonsumsi air putih, mengkonsumsi teh hijau juga dapat menjadikan mulut tetap segar saat puasa. Kandungan zat polyphenol yang terdapat pada teh hijau dapat membunuh bakteri jahat yang menyebabkan bau mulut.

Seduh teh hijau tanpa gula dan minumlah selama menjalankan ibadah puasa saat buka dan juga sahur. Selain untuk menghilangkan bau mulut teh hijau juga berfungsi untuk mengurangi peradangan pada tenggorokan dan mulut akibat asap rokok.


  • Hindari Makanan Manis dan Lengket.


Selain itu cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula karena jika menempel pada gigi dapat mengakibatkan bau mulut dan juga kerusakan gigi jika tidak langsung dibersihkan.

Dan juga coba hindari makanan seperti biskuit, es krim, dan juga kue basah sejenisnya karena dapat menimbulkan bau mulut dan juga gigi berlubang jika juga dibiarkan menempel terlalu lama pada gigi. Menghindari makanan yang manis dan lengket juga dapat mengurangi resiko pengeroposan gigi.


  • Gunakan Anti Septik dan Dental Floss


Agar lebih efektif, Anda juga dapat menggunakan antiseptik sebagai obat kumur. Antiseptik dapat membantu untuk membunuh bakteri jahat penyebab bau mulut sekaligus dapat menjadikan nafas Anda lebih segar.

Gunakan antiseptik sebagai obat kumur setelah Anda menyikat gigi setelah sahur. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Sisa makanan yang tertinggal dalam sela gigi juga dapat menjadikan nafas tak segar.  Jangan lupa pula untuk selalu menyikat gigi setelah Anda sahur.


Itulah Cara Agar Mulut tetap Segar Selama Bulan Puasa. Anda bisa mencoba cara diatas agar Anda terbebas dari mulut tidak segar pada saat berpuasa. Semoga bermanfaat.