Cara Pengobatan Penyakit Dengan Jintan Hitam

Cara Pengobatan Penyakit Dengan Jintan Hitam – Salah satu rempah yang sudah dikenal diseluruh dunia untuk mengobati penyakit dan bumbu masakan. Jinten hitam awalnya dari mesir, dan disana ia dikenal dengan ‘Habbal Barakah’. Dikenal dengan sebutan Habbal Barakah, karena disana tanaman ini diyakini memiliki kemampuan dalam mengobati berbagai penyakit.

Banyak yang meyakini jika H’abbatus Sauda ini bisa menyembuhkan banyak jenis penyakit, sehingga telah digunakan secara luas sebagai obat semenjak 2000 tahun yang lalu. Karena keyakinan tersebut, kini jinten hitam telah banyak tersedia dipasar dengan berbagai bentuk olahan, mulai dari minyak jinten hitam, ekstrak biji, kapsul obat, dan biji murni. 

Baca juga:

Benarkah Jintan hitam bisa mengobati banyak penyakit?

Dalam kitab As Shahihain dari Abu Salamah RA dari Abu Hurairah RA, Rasullulah bersabda Gunakan Habbatus Sauda karena dapat mengobati segala macam jenis penyakit kecuali maut (HR Bukhari).

Di dalam Kitab At Tibbun Nabawi (Kitab Pengobatan Cara Nabi yang ditulis oleh Ibnu Qayyim Al Jauziyah), menyebutkan bahwa Habbatus Sauda bisa mengobati 50 jenis penyakit tanpa memberi efek samping.

Hal ini kini telah didukung pula oleh banyak pernyataan medis, akan khasiat jinten hitam ini. The Journal of American Scientist melaporkan bahwa, Habbatus Sauda memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan banyak penyakit, karena ia mengandung antihistamine (pencegah alergi), antioxidant (pencegah kerusakan sel), antibiotic (pembunuh kuman), antimycotic (antikult) dan bancho-dilating effect (pengembang) saluran pernafasan.

Juga diyakini, dalam biji hitam yang mungil ini mangandung 100 lebih senyawa kimia yang bersifat menyembuhkan plus vitamin dan mineral penting, diantaranya 15 asam amino, protein, karbohidrat, minyak (baik yang bersifat tetap dan mudah menguap), alkaloid, saponin, betakaroten (pro Vitamin A), asam lemak Omega 3, serat kasar, kalsium, potasium, zat besi, dan sodium.

Jinten hitam berkhasiat obat untuk segala macam penyakit, seperti  mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi ginjal, meningkatkan produksi susu pada ibu menyusui, memperkuat jantung, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit(imunitas),pengobatan asma bronkial, bronkitis dan penyakit pernapasan lainnya, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah alzheimer, perut kembung, membasmi cacing usus, meningkatkan fungsi jantung dan aktivitas antimikroba, terutama terhadap organisme penyebab penyakit seperti bakteri E. Coli dan Staphylococcus.

Untuk lebih jelasnya berikut ulasan Cara Pos tentang Cara Pengobatan Penyakit Dengan Jinten Hitam.

Cara Pengobatan Penyakit Dengan Jintan Hitam
Cara Pengobatan Penyakit Dengan Jintan Hitam

Kemampuan jinten hitam dalam menyembuhkan penyakit yang paling banyak diyakini:

  1. Menyeimbangkan reaksi sistem kekebalan tubuh yang terlalu lemah atau terlalu kuat,  dan sangat baik untuk mengobati penyakit kronis, alergi dan gangguan hormonal.
  2. Mendukung Metabolisme tubuh yang lebih baik, meningkatkan fungsi pencernaan, dan menurunkan kadar gula darah .
  3. Habatus Sauda efektif untuk memulihkan perut kembung
  4. Juga dipercaya dapat menghilangkan cacing dan parasit di dalam saluran usus.
  5. Menyembuhkan penyakit gangguan pernafasan, seperti batuk bronkitis, asam dll.
  6. Meningkatkan jumlah ASI, memberikan energi, meningkatkan jumlah sperma, menenangkan sistem saraf, mendorong pertumbuhan rambut, mencegah rambut rontok, mencegah kerutan kulit, dan masih banyak lagi .
  7. Penelitian ilmiah modern telah membuktikan efek meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari biji jinten hitam. Dengan demikian sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit yang berkaitan dengan lemahnya sistem kekebalan tubuh, seperti influenza, bahkan HIV.
  8. Mempercepat proses pemulihan paska operasi, dan  dengan lebih sedikit komplikasi dan pemulihan lebih cepat.
  9. Jinten hitam juga diyakini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga bisa menyembuhkan kanker pada stadium awal..
  10. Bertindak sebagai Agen antimikroba yang efektif dan broncho – dilator. Ia juga dapat mematikan berbagai macam bakteri merugikan dalam usus, seperti E coli yang merupakan penyebab utama diare dan muntaber.

Berikut cara mengobati beberapa penyakit umum dengan jinten hitam atau  habbatussauda :

  • Untuk suplemen kesehatan
Untuk suplemen gizi , Anda bisa mengambil setengah sendok teh minyak Habbatussauda atau ekstrak yangf diminum tiga kali sehari.

  • Untuk meningkatkan kekebalan tubuh
Menurut penelitian, 1 gram kapsul jinten hitam yang diminum dua kali sehari selama empat minggu dapat meningkatkan rasio sel T antara positif dan negatif hingga 72 % . Dengan demikian akan meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Mengobati alergi
Jinten hitam dapat mengobati alergi karena jintan hitam memiliki protein kinase C, substansi yang dikenal menghambat pelepasan histamin .Penggunaan jintan hitam bisa menguerangi reaksi alergi  dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping. Ambil secangkir air hangat, satu sendok madu dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak jintan hitam. Campur dan minum pada saat di pagi hari sebelum sarapan dan setelah makan malam. Selama pengobatan, hindarilah makanan dingin dan allergen.

  • Mengobati kanker
Asam lemak dalam jintan hitam dapat menghambat perkembangan kanker.  Untuk pengobatan kanker, campurkan satu gelas jus anggur dan setengah sendok teh Minyak Habbatussauda. Minum sebanyak tiga kali sehari, dan mungkin akan berlangsung selama empat puluh hari . Selain itu, Anda juga dapat menggosok minyak jintan hitam pada daerah yang terkena kanker.

  • Mengobati gangguan pencernaan
Untuk mengobati gangguan pencernaan, ambil setengah sendok teh minyak atau ekstrak jintan hitam dan dicampur dengan secangkir susu. Minumlah campuran tersebut dua kali sehari. Atau, Anda juga dapat mencampurkan satu sendok bubuk jahe dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak Habbatussauda.

  • Peradangan sendi (arthritis)
Zat Thymoquinine pada jintan hitam adalah obat anti – inflamasi yang efektif . Untuk mengobati peradangan di pergelangan kaki atau persendian lain, ambil satu sendok makan cuka, dua sendok madu dan setengah sendok teh minyak jinten hitam. Gunakan campuran ini dua kali sehari untuk memijat pada bagian yang meradang.
Selain khasiat dari Jintan hitam terdapat juga Efek samping dari jinten hitam tersebut:
Wanita hamil dan menyusui: Habbatussauda sepertinya aman jika digunakan dalam jumlah yang wajar selama hamilan. Tetapi akan menjadi tidak aman jika dikonsumsi secara berlebihan. Habbatussauda dapat memperlambat atau menghentikan kontraksi rahim. Tidak banyak yang telah diketahui tentang keamanan penggunaan biji hitam selama menyusui. Jika ingin aman, sebaiknya untuk menghindarinya.

Itulah penjelasan mengenai Cara Pengobatan Penyakit Dengan Jinten Hitam. Selamat nencoba dan semoga bermanfaat untuk Anda.